Keluarga Korban Lion Air PK-LQP Minta Rusdi Kirana Berdiri, lalu Lontarkan Hal Menohok Ini

0
97

Bambang kemudian meminta Kemenhub memberikan sanksi tegas terhadap teknisi Lion yg mengizinkan pesawat Lion Air mengudara dipenerbangan sebelumnya.

Dia mempertanyakan informasi bahwa pesawat itu sudah bermasalah dimalam hari sebelum jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.

“Teknisi atau engineer Lion Air harus bertanggung jawab penuh karena menyatakan pesawat clear untuk take off kembali. Agar peristiwa seperti ini di Indonesia Raya tidak terjadi lagi. Tolong proses hukum. Tolong manajemen Lion Air diperbaiki. Kejadian Lion sudah banyak sekali. Tidak bermaksud mendiskreditkan Lion,” kata Bambang.

Menhub Budi Karya Sumadi mengaku proses audit terhadap Lion sedang dilakukan.

“Audit 11 pesawat dinyatakan laik terbang sesuai prosedur yg dikeluarkan Boeing. Kami lakukan special audit berkaitan dengan awak, prosedur, dan komunikasi dengan pihak-pihak tertentu. Kami mendorong Lion melakukan improvement,” ujar Menhub. 

Hasil investigasi awal KNKT 

Komite Nasional Keselamatan Nasional ( KNKT) mengungkapkan ada empat penerbangan terakhir ditemukan mengalami kerusakan dipesawat Lion Air Boeing 737 Max 8 di petunjuk kecepatan.

Untuk itu, KNKT meminta kepada National Transportation Safety Board (NTSB) dan Boeing menindaklanjuti guna mencegah kecelakaan serupa terulang.

“Pada empat penerbangan terakhir, ditemukan kerusakan dipetunjuk kecepatan atau air speed indicator di pesawat,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono ketika konferensi pers di gedung KNKT, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Soerjanto mengakui, penerbangan pesawat yg beregistrasi PK-LQP ini sempat mengalami masalah teknis dirute penerbangan Denpasar menuju Jakarta.