TEROR TERBARU ANAK KRAKATAU, Abu Vulkanik Sampai ke Cilegon, Warga Diminta Tetap Tenang

0
71

viralbanget - Setelah mengirimkan air bah tsunami Sabtu (22/12/2018) malam, yg kemudian disusul dentuman misterius yg membuat panik daerah, kini Anak Krakatau mengirim teror baru.

Abu Gunung Anak Krakatau dilaporkan sudah sampai ke Kota Cilegon, Banten, diRabu (26/12/2018) sore.

Turunnya abu vulkanik membuat masyarakat Cilegon khawatir dengan status Gunung Anak Krakatau yg terus menerus erupsi.

Ketua Tim Tanggap Darurat Erupsi Gunung Anak Krakatau Kushendratno yg dihubungi Kompas.com meminta masyarakat tenang.

Menurut dia, Gunung Anak Krakatau aktivitasnya memang meningkat dan mengeluarkan abu vulkanik ketika ada letusan, dan kini arah angin sedang mengarah ke timur laut, atau menuju Cilegon. 

"Aktivitas Gunung Anak Krakatau sekarang merupakan kesehariannya ketika meningkat, mengeluarkan letusan yg terus-menerus dan mengeluarkan abu dengan hembusan angin ke timur laut mengarah ke Cilegon," kata Kushendratno ketika dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (26/12/2018).

Sejak Juni 2018 lalu, kata dia, setiap harinya Gunung Anak Krakatau meletus dan mengeluarkan material seperti abu vulkanik.

Namun material tersebut bakal menyebar sesuai arah angin, dan kini mengarah ke Cilegon.

Dari pos pemantau di Pasauran pukul 18.00 WIB tadi, kata dia, Gunung Anak Krakatau terpantau ditutupi kabut dan lava panas yg mengalir ke laut.

Sementara tinggi kepulan awan panas mencapai 300 hingga 600 meter di atas kawah. Kushendratno meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik soal turunnya abu vulkanik dari erupsi Gunung Anak Krakatau, walau ketika ini status gunung ini berada di status waspada atau Level II.